PT.SIDO MUNCUL
Profil
Sido Muncul
PT. SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940,
dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh tiga orang
karyawan. Banyaknya permintaan terhadap kemasan jamu yang lebih praktis,
mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk), seiring
dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan perusahan
sederhana dengan nama SidoMuncul yang berarti "Impian yang terwujud"
dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama
dan andalan, Jamu Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai mendapat
tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun selalu meningkat.Dalam
perkembangannya, pabrik yang terletak di Jl. Mlaten Trenggulun ternyata tidak
mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang
terus meningkat, dan di tahun 1984 pabrik dipindahkan ke Lingkungan Industri
Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang.
PRODUKSI
Bahan baku terdiri dari 160 jenis, sebagian besar diambil dari alam dan tergantung
dari musim. Jika disatu tempat ada belum tentu ditempat lain ada dan bahkan
jika ditempat itu ada akan ada kemungkinan pula hari berikutnya tempat tersebut
tidak tersedia bahan baku. Bahan baku diambil dari daerah atau wilayah sekitar
pabrik . Dan bahan baku yang diambil adalah bahan baku yang dalam kondisi
kering guna penyimpanan yang lebih baik. Bahan bakupun didapat dalam rantai
pasar yang panjang sehingga harus dalam kondisi kering.
Proses
penyimpanan dilakukan digudang penyimpanan. Persediaan bahan baku dengan sistem
FIFO , masuk pertama keluar pertama. Hal ini dilakukan guna tidak adanya bahan
baku yang menumpuk atau tersimpan terlalu lama yang berakibat pada rusaknya
bahan baku. Dalam ruang penyimpanan bahan baku harus memenuhi syarat :
Ø Bahan masuk
benar
Ø Bahan baku
harus bersih
Ø Bahan baku
harus disimpan dalam bentuk kering
Selain itu adapun tata laksana gudang penyimpanan, yaitu
kebersihan gudang harus terjaga dan kelembaban serendah mungkin atau dapat
dipastikan kering.
Dalam
pengendalian kualitas bahan baku yang dilakukan ialah :
Ø Pemisahan
kotoran (penyortiran)
Ø Pemotongan,
guna mempermudah proses penghalusan
Ø Pencucian
kembali untuk memastikan bahan benar-benar bersih
Ø Dikeringkan
menggunakan oven
Ø Penyortiran
bahan kering, bahan yang berkualitaslah yang ddipilih
Ø Masuk dalam
pengamatan tim pengendali mutu, guna memastikan sudahkah bahan baku memenuhi
standar
Dalam proses yang dilakuakan diatas
sebagian besar masih menggunakan jasa sumberdaya manusia karena dalam proses
penyortiran akan lebih dapat dijamin kualitasnya jika dilakukan langsung oleh
sumberdaya manusia. Namun dalam proses
pemotongan dan pengeringan juga menggunakan alat-alat yang masih tradisional.
Selain menjaga kualitas digunakannya sumber daya manusia juga bertujuan untuk
mendayagunakan warga sekitar agar kualitas hidupnya lebih terjamin dengan
adanya lapangan pekerjaan.
PROSES PRODUKSI
Proses produksi jamu di PT. Sido Muncul ini yang pertama
adalah penerimaan bahan baku, bahan baku yang datang segera dicek QC (Quality
Control), setelah terbukti memenuhi standar penerimaan dan standar
penggunaan kemudian bahan baku dimasukkan ke dalam gudang penyimpanan bahan
baku. Bahan baku yang akan dipakai diambil dari gudang penyimpanan bahan baku
kemudian disortasi, setelah disortasi kemudian bahan baku dicuci, dikeringkan,
digiling, baru kemudian dicampur (mixing).
Dalam proses pencampuran bahan ini kami tidak
diperkenankan untuk melihatnya karena merupakan rahasia perusahaan. Sesudah
proses pencampuran selesai kemudian hasilnya dialirkan melalui pipa-pipa untuk
dilakukan proses pengemasan primer (packaging primer) menggunakan mesin
dua line dan delapan line. Kemudian masuk ke proses pengemasan
sekunder (packaging sekunder), disini produk yang sudah jadi dicek
kembali dengan cara uji sampel. Setelah selesai proses pengemasan sekunder
kemudian produk siap untuk didistribusikan.
HASIL PRODUKSI
Ø Tipe serbuk : Kuku Bima, Kuku Bima Ginseng, Kuku Bima TL,
Kuku Bima Plus Ttribulus.
Ø Tipe saset : Tolak Angin, Tolak Angin Ekstra Hangat
Ø Tipe saset hisap : Tolak angin Permen
Ø Tipe Fls : Tolak angin Anak, Tolak Angin Flu
Ø Tipe Botol : Kuku Bima Ener-G
Semua Produk
Tolak Angin Antangin JRG Kukubima Ener-G
Dilakukan
melalui penyaluran ke agen-agen.PT Sidomuncul memiliki 4 konsep pemasaran yaitu
(product,promotion,price and place).Di PT Sido Muncul apabila ada produk yang
tidak terjual di gudang sementara sudah mendekati masa ED (expired data) atau
sudah ED maka perusahaan akan segera menukarkan kembali ke kantor pusat dengan
produk baru yang sejenis dalam jumlah yang sama.
STRATEGI
MARKETING PT. SIDO MUNCUL
Pemilihan
dan pelaksanaan strategi pemasaran yang tepat adalah salah satu hal penting
dilakukan PT. Sido Muncul untuk bertahan di dalam kompetisi industri jamu
tradisional dalam negeri dan juga menghadapi serbuan jamu tradisional dari
luar. Oleh karena itu, PT Sido Muncul tidak hanya mengembangkan satu strategi
pemasaran akan tetapi beberapa strategi pemasaran sekaligus secara
terintegrasi. Beberapa strategi pemasarannya antara lain :
- PT. Sido Muncul melakukan market research yang menunjukkan bahwa jamu kurang bisa bersaing dengan obat-obatan farmasi karena tidak memiliki pengobat yang dapat menjadi patner bagi industry jamu untuk “memasarkan” produknya. Jika farmasi punya dokter sebagai patner dan obat-obatan dari China punya sinshe sebagai pengobat, namun tidak demikian dengan jamu. Untuk mengatasi hal tersebut, PT. Sido Muncul membangun kepercayaan publik bahwa jamu juga mempunyai kredibilitas dari segi kebersihan dan uji toksisitas. Sido muncul mencanangkan pembangunan pabrik dengan sertifikasi industri farmasi dan laboratorium yang terstandarisasi hingga akhirnya Sido Muncul mampu mencapai CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) dan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dan sertifikat inilah yang menjadikan Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi.
- Sido Muncul memilih segmen pasar (market segmentation) masyarakat yang tidak menyukai obat-obatan zat kimia akan menimbulkan efek samping terhadap tubuh dan lebih memilih produk herbal atau alami. Penulis berpendapat bahwa pemilihan segmen ini sangat tepat mengingat dewasa ini masyarakat sudah mulai aware terhadap bahaya efek samping obat-obatan dari bahan zat kimia sehingga permintaan terhadap obat-obat herbal dan tradisional meningkat. Peningkatan permintaan obat herbal dan tradisional ini terlihat dari peningkatan omset jamu nasional tahun 2011 naik 10% menjadi 10,12 Triliun dibandingkan tahun 2010 yang hanya 9,2 Triliun.
- Sido Muncul juga mengembangkan marketing mix yang meliputi product strategy, distribution strategy, pricing strategy dan promotion strategy.
a.
Product Strategy
Peningkatan
kualitas produk dengan dicapainya sertifikasi CPOTB dan CPOB mampu meningkatkan
kepercayaan masyarakat terhadap jamu. Selain itu, Sido Muncul tidak hanya
terpaku pada pemasaran jamu-jamu tradisional tetapi mengembangkan produk-produk
lain seperti minuman kesehatan, food supplemen dan permen. Produknya pun
dikembangkan, contohnya jamu tolak angin tidak lagi berbentuk serbuk akan
tetapi dikembangkan dalam bentuk sirup manis di dalam kemasan sachet yang
memudahkan konsumen untuk mengkonsumsinya. Konsumen tidak perlu lagi menyeduh
air hangat untuk meminum tolak angin tapi cukup dengan meminum tolak angin
sirup dalam kemasan sachet. Produk ini sangat diterima masyarakat sehingga mampu
meraih topbrand setiap tahunnya.
b.
Promotion Strategy
PT.Jamu
Sido Muncul dalam memasarkan tolak angin menggunakan iklan melalui media massa
terutama di Televisi. Iklan tolak angin sangat dikenal dengan taglinenya “orang
pintar pilih tolak angin”. Tagline ini diperkuat dengan visual orang-orang yang
sukses dan pintar.
sekaligus
cukup terkenal seperti Rhenald Kasali (seorang akademisi dan tokoh pemasaran),
Lula Kamal (seorang artis dan dokter), Agnes Monica yang dikenal orang
masyarakat sebagai muda berbakat dan memiliki prestasi akademik dan yang
terakhir Anggito Abimanyu, seorang akademisi. Selain mengunakan media iklan
juga menggunakan strategi promosi penjualan (Sales Promotion). Salah satu
bentuk sales promotion yang dilaksanakan oleh Sido Muncul adalah event
sponsorship, antara lain menjadi sposor utama seperti Reality Superstar di
Indosiar dan sponsor acara musik Karnaval di SCTV. Sales Promotion lainnya
adalah juga menyediakan beberapa stand tolak angin di beberapa Posko Mudik
Lebaran. Selain itu, PT. Jamu Sido Muncul memfasilitasi para pemudik dengan
memberikan pelayanan angkutan gratis untuk pulang kampung yang kebanyakan
pesertanya adalah para penjual jamu. Kegiatan ini secara jangka pendek memang
tidak terlalu nampak hasilnya tetapi dalam jangka panjang dapat membentuk
loyalitas yang tinggi konsumen.
c.
Distribution Strategy
Salah
satu distribution strategy yang dilaksanakan oleh Sido Muncul adalah melakukan
intensive distribution sehingga membuat produk Sido Muncul mudah diperoleh.
Kita saat ini sangat mudah memperoleh produk Sido Muncul dimana saja tidak
hanya di toko jamu tapi juga di apotik, toko kelontong, dan juga toko retail
seperti Indomaret dan Alfamart.
d.
Pricing Strategy
Sido
Muncul meningkatkan produktivitas dan efisiensi pabrik jamunya sehingga mampu
menekan biaya produksi. Biaya produksi yang rendah memudahkan Sido Muncul untuk
memperkuat pricing strategy-nya dengan menetapkan harga yang bersaing
dibandingkan dengan produk-produk kompetitornya.
Kualifikasi
Sumber Daya Manusia PT.Sido Muncul
Saat ini PT. SidoMuncul
didukung lebih dari 2000 karyawan dengan tingkat pendidikan bervariasi dan
ditempatkan sesuai dengan keahlian, kemampuan dan kapasitasnya masing-masing.
Sebagai pendukung, SidoMuncul juga memilki tenaga ahli dari berbagai disiplin
ilmu, seperti biologi, ekonomi, farmasi, pertanian, hukum, teknologi pangan,
teknik kimia, teknik elektro, dll. Untuk mengembangkan kemampuan, pada
waktu-waktu tertentu kepada karyawan diberikan kesempatan mengikuti pelatihan,
kursus, maupun seminar. Untuk mendukung pengembangan, PT. SidoMuncul juga
merekrut konsultan yang ahli di bidangnya, misalnya : apoteker, dokter umum,
dokter gigi dan spesialis.
MAKASIH BRO INFORMASINYA,,,THANKS Sidomuncul,jamu kuat pria
BalasHapus